Home » Info
Info

Cara Memilih Velg Mobil Bekas yang Benar, Simak Infonya!

Cara memilih velg mobil bekas perlu dilakukan dengan benar. Apabila Anda ingin mengganti velg mobil dengan harga lebih murah, maka velg bekas menjadi salah satu pilihannya.

Semua pelaku otomotif tentu sepakat bahwa velg menjadi elemen penting dalam melakukan dress up. 

Pemilihan velg yang sesuai akan memberikan pengaruh besar terhadap komposisi tampilan mobil secara keseluruhan.

Namun, Anda tetap perlu memilih velg mobil bekas dengan seksama. Hal ini karena velg mobil bekas terlihat bagus dari lini tampilan luarnya saja.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yakni kualitas bagus. Sebaiknya Anda mengetahui riwayat velg tersebut.

Hal ini dapat Anda lakukan apabila membeli velg dari teman. Sehingga memungkinkan Anda untuk lebih mengetahui riwayat penggunaannya.

Baca juga: Ganti Velg Mobil, Inilah Tips Tepat Sebelum Melakukan Penggantian

Ketahui Cara Memilih Velg Mobil Bekas

Tentunya membutuhkan kehati-hatian yang tinggi saat akan membeli velg bekas. Sebab, kualitasnya belum tentu terjamin layaknya saat masih baru.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui hal-hal utama sebelum membeli velg bekas. Berikut ini beberapa cara memilih velg bekas agar tidak salah.  

Pastikan Ukuran Velg dan PCD Sesuai

Saat akan membeli velg mobil bekas, perlu pahami cara memilih ukuran velg dan PCD yang sesuai. Pastikan tidak memilih diameter velg yang lebih besar 2 inci dari velg standar.

Hal ini akan menyebabkan terjadinya velg pecah saat mobil digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Anda juga harus memastikan bagian lubang baut atau PCD pada velg bekas sudah sesuai dengan ukuran standarnya.

Sebaiknya perlu menghindari pembelian velg bekas yang sudah dimodifikasi. Sebab, jarak lubang bautnya sudah mengalami perubahan dari pemilik sebelumnya.

Baca Juga:  3 Tips dari Dokter Boyke Agar Tetap Romantis di Ranjang, Buktikan

Cara memilih velg mobil bekas lainnya dengan memperhatikan lubang lama pada velg tersebut. Bagian lubang tersebut tampak ditutup dengan cara cor.

Penutupan lubang baut seperti ini berisiko membahayakan. Material cor kemungkinan tidak dapat menyatu dengan kuat pada material bel, apalagi bukan profesional yang mengerjakannya.

Baca juga: Velg Mobil Panas dan Bagaimana Mengatasinya Secara Tepat

Periksa Bibir Velg

Untuk memastikan velg bekas berkualitas, Anda dapat memeriksa bagian bibir velg. Pastikan velg tersebut tidak terlihat penyok atau pecah. Kualitas atau ketahanan dari velg rekondisi tersebut tentunya sudah tidak mumpuni.

Selain itu, juga dapat membuat tingkat kenyamanan dalam berkendara berkurang. Velg bekas yang pernah penyok, hanya akan membahayakan keselamatan Anda.

Jangan sampai timbul niat ingin membeli velg bekas karena harganya murah. Cara memilih velg mobil bekas dengan meletakkannya di atas kaca.

Anda dapat memperhatikan apabila ada bagian yang bergelombang, guratan-guratan bekas rekondisi, dan lainnya. Apabila meletakkannya dengan cara tersebut, akan terlihat jelas celah-celah pada velg.

Perhatikan Logo Velg

Memeriksa bagian logo velg juga penting untuk mengetahui bahwa velg tersebut memiliki identitas yang jelas atau asli.

Apabila bagian logo masih terlihat rapi dan tidak mengalami kerusakan, Anda dapat mempertimbangkan kualitas atau spesifikasi dari velg bekas tersebut.

Namun apabila ternyata pada logo embos velg tampak rusak, maka perlu berhati-hati. Hal itu menjadi tanda atau ciri velg yang sudah mengalami perbaikan sebelumnya.

Perhatikan Garis Bekas Bubutan

Cara memilih velg mobil bekas lainnya dengan memperhatikan garis-garis bekas bubutan. Garis-garis tersebut menunjukkan bahwa velg pernah peyok atau bengkok.

Sebab, untuk mengatasi velg bengkok atau penyok biasanya menggunakan teknik bubut. Setiap proses bubutan tentunya akan meninggalkan garis-garis seperti itu.

Baca Juga:  Cara Merawat Mobil Warna Putih Agar Warnanya Tampak Seperti Baru

Perhatikan Cat atau Warna Velg

Untuk mendapatkan velg mobil berkualitas yang masih asli, Anda perlu melihat cat atau warna velgnya. Velg krom, warnanya akan lebih mengkilap daripada krom polesan.

Sebenarnya cukup wajar apabila velg pernah mengalami cat ulang, asal tidak banyak mengubah kualitas mobilnya. Pasalnya, ada banyak oknum yang sengaja mengecat ulang agar dapat menutupi hasil rekondisinya.

Tidak hanya itu, Anda tentunya tidak ingin mendapatkan velg yang sudah mengalami cat ulang. Bahkan memiliki warna yang belang atau berbeda-beda. Anda perlu waspada dan teliti agar tidak menyesal nantinya.

Cara memilih velg mobil bekas penting untuk Anda perhatikan. Pastikan agar tidak salah pilih dan mendapatkan velg sesuai keinginan maupun kebutuhan Anda.