Home ยป Info
Info

Cara Memfokuskan Lampu LED Motor Agar Lebih Maksimal, Ini Triknya!

Cara memfokuskan lampu LED motor sebenarnya tergolong cukup mudah, sehingga para pemilik kendaraan bisa melakukannya sendiri. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa penggunaan lampu LED ini adalah trend tersendiri.

Sehingga apabila lampu depan motor terasa kurang terang, maka para pengguna bisa menggunakan lampu LED sorot.

Salah satu keunggulan dari LED daripada bohlam adalah konsumsi energi yang lebih kecil, bahkan cahayanya lebih terang.

Cara Memfokuskan Lampu LED Motor yang Sangat Mudah

Seperti pembahasan awal, bahwa lampu LED memang telah menjadi tren masa kini, terutama dalam dunia otomotif.

Pasalnya lampu LED sudah banyak digunakan oleh kendaraan keluaran terbaru yang menjadikan tampilannya semakin keren.

LED ini juga akan memancarkan cahaya berwarna putih sehingga akan menjadikannya lebih terang ketika malam hari. Menariknya lagi LED ini juga lebih hemat listrik dan bisa bertahan lebih lama daripada lampu biasanya itu.

Apabila Anda akan menggantinya, maka harus memperhatikan ampere aki pada motor supaya lampu dapat menyala dengan sempurna.

Setidaknya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dan perhatikan sebelum akhirnya memfokuskannya.

Pasang Soket

Cara memfokuskan lampu LED motor untuk langkah yang pertama Anda bisa memasang soket dengan menentukannya dahulu. Tipe H4 biasanya lebih cocok untuk motor sport, sedangkan tipe H6 cocok untuk matic atau bebek.

Pemasangan pada Reflektor

Selanjutnya letakkan per pada tempat lampu, lalu LED bisa langsung Anda pasang seperti saat memasang bohlam biasa pada reflektor.

Caranya cukup Anda tekan, kemudian langsung diputar saja.

Pasang Kabel

Pada masalah perkabelan ketika akan memasang lampu LED pada motor ini memang tergolong cukup rumit. Nah pada tahapan ini, maka fitting lampu utama sudah harus Anda potong terlebih dahulu.

Baca Juga:  Tren Hobi Masak Makin Digandrungi, Ini Tips Pilih Peralatan Dapur Kekinian

Kemudian sambung masing-masing kabel dengan kabel LED, lalu sambungkan saja kabel hijaunya untuk arus negatif. Sedangkan untuk kabel warna biru untuk lampu jauh kemudian kabel putih untuk lampu dekat.

Mengatur Sorotan

Supaya lebih fokus, apabila pemasangan lampu LED terlalu ke atas, maka akan menyilaukan pengguna lain di jalanan. Sehingga pemasangan LED di reflektor ini harus Anda mundurkan, dengan memajukan soket semaksimal mungkin.

Tapi apabila masih menyilaukan, maka lampu yang terpasang bisa Anda setel ulang dengan mengendorkan baut setelan pada bawah batok lampu.

Jika sudah, kemudian turunkan menghadap ke bawah supaya penerangan lampu sorot lebih maksimal.

Sebenarnya cara memfokuskan lampu LED motor ini tergolong cukup mudah, namun hanya untuk mereka yang sudah ahli. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, maka bisa meminta bantuan ke tukang bengkel.

Karena tenaga mekanik di bengkel sudah pasti mengetahui dan paham bagaimana cara untuk melakukan hal tersebut.