Media Sosial

Cara Membuat Playlist YouTube di HP, Jadikan Hari-Hari Semakin Seru!

Cara membuat playlist YouTube dapat Anda lakukan secara mudah, baik melalui perangkat HP atau laptop. YouTube Playlist atau daftar putar menjadi salah satu cara untuk dapat meningkatkan visibilitas video pada channel pengguna.

Ini berisi koleksi video yang dapat semua orang tonton kapan saja dan di mana saja. Siapa pun dapat membuat playlist, kemudian membagikannya pada teman.

Sehingga mereka dapat menambahkan video ke playlist tersebut.

Para pengguna dapat membuka tab Koleksi untuk melihat keseluruhan daftar kumpulan video serta bisa mengelola daftar putar di YouTube Studio.

Cara Membuat Playlist YouTube Paling Praktis

Mengelola akun YouTube memang terdapat beberapa trik tersendiri. Selain mengunggah berbagai video konten yang menarik, para pemilik channel juga perlu membuat daftar putar pada channel YouTube mereka.

Meskipun tampak sederhana, akan tetapi playlist tidak hanya sekedar daftar video biasa.

Peranan Penting Playlist YouTube

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat playlist YouTube, alangkah baiknya Anda mengetahui fungsi dari adanya daftar tersebut.

Playlist mempunyai fungsi penting di balik pembuatan daftar video pada kolom playlist tersebut.

Dengan adanya daftar putar YouTube dapat membantu meningkatkan viewer pada sebuah channel YouTube. Selanjutnya, daftar video tersebut dapat ditemukan pada kolom pencarian di YouTube.

Pada saat pengguna memasukkan kategori atau kata kunci, maka playlist akan muncul. Hal ini akan lebih mudah menarik perhatian para viewer.

Selain cara membuat yang cukup mudah, playlist YouTube juga meminimalkan peluang para penonton beralih ke channel Anda yang lain begitu pemutaran video selesai.

Dengan adanya playlist, maka penonton secara otomatis akan memilih untuk menonton video lain dalam playlist tersebut. Maka jumlah viewer pun akan tetap terjaga serta tidak mudah pindah ke channel YouTube lain.

Baca Juga:  Cara Membuat Tulisan Dicoret di Instagram Mudah Tanpa Aplikasi

Tutorial Membuat Playlist YouTube di Smartphone

Anda dapat membuat daftar putar pada aplikasi resmi YouTube melalui perangkat Android atau iOS. Hal ini dapat mempermudah Anda yang lebih sering melakukan aktivitas apapun melalui ponsel.

Adapun cara mudah membuat playlist YouTube melalui smartphone antara lain:

  1. Pertama, buka aplikasi YouTube pada perangkat HP Anda. Pastikan Anda telah login pada akun YouTube Anda, kemudian klik tab Koleksi.
  2. Selanjutnya gulir pada bagian bawah dan temukan tombol Playlist Baru, lalu klik tombol tersebut.
  3. Langkah berikutnya pilih video-video yang akan Anda masukkan ke dalam playlist yang akan Anda buat, kemudian klik Berikutnya.
  4. Cara berikutnya beri nama playlist yang telah Anda buat, kemudian silahkan atur privasinya, apakah Publik atau Anda sendiri. Jika sudah lalu klik tombol Buat.
  5. Selesai.

Jika membuat playlist telah Anda lakukan dengan benar, maka Anda pun telah berhasil membuat daftar putar langsung dari perangkat Android atau iOS.

Jangan lupa untuk membagikan playlist YouTube yang telah Anda buat ke teman atau siapa saja, setelah berhasil melalui tahapan cara membuat playlist tersebut. Bisa melalui media sosial seperti WhatsApp grup, supaya semua orang dapat melihat video Anda kemudian memberikan like dan subscribe.