Home » Info » Cara Membuat Alarm Motor dengan HP, Pemula Wajib Tahu Ini!
Info

Cara Membuat Alarm Motor dengan HP, Pemula Wajib Tahu Ini!

Cara membuat alarm motor dengan HP adalah hal yang penting untuk Anda ketahui dan lakukan guna menghindari pencurian oleh maling.

Seperti yang kita tahu, bahwa kasus pencurian kendaraan bermotor ini memang marak terjadi dan tidak hanya di tempat umum saja.

Sehingga untuk meminimalisir terjadinya pencurian, maka para pemilik kendaraan akan melakukan tindakan seperti pasang alarm. Ada banyak cara yang bisa Anda contoh tentang bagaimana proses pembuatannya yang mudah dan simpel.

Cara Membuat Alarm Motor dengan HP yang Paling Mudah

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa menggunakan alarm motor memang sangat efektif untuk mencegah terjadinya pencurian motor.

Sehingga dengan alat seperti ini Anda bisa langsung mendapat peringatan jika ada oknum yang berusaha mencuri motor Anda.

Sayangnya banyak orang yang justru enggan memasang alarm pada kendaraan mereka dan harus ke bengkel untuk melakukannya. Padahal kenyataannya, memasang alarm sepeda motor ini sebenarnya bukan hal yang sangat sulit atau rumit.

Berbeda lagi dengan perangkat GPS Tracker pada kendaraan yang merupakan produk khusus untuk melacak posisi kendaraan.

Sebenarnya alarm bisa Anda buat secara manual, langkah utama adalah dengan mengetahui pengetahuan dasar tentang dunia otomotif.

Layaknya seperti alarm pada kendaraan roda empat, sebab alarm pada motor ini juga efektif untuk Anda gunakan dan manfaatkan. Setidaknya cara seperti ini akan membuat pencuri langsung kaget saat sedang menjalankan aksinya yakni mencuri motor tersebut.

Cara Membuat Alarm Motor

Cara membuat alarm motor dengan HP ini cukup mudah bagi beberapa orang saja, terutama bagi mereka yang suka bidang otomotif. Jadi alat seperti ini berguna untuk menurunkan tegangan aki pada kendaraan dari 12 volt agar menjadi 5 volt saja.

Baca Juga:  Cara Mudah Usir Sakit Kepala Saat Arus Balik Lebaran

Nah, karena tegangannya berubah menjadi 5 volt, maka Anda bisa menggunakannya sebagai pengisian daya baterai HP. Dalam istilah lain bahwa jaringan alarm adalah sebuah pesan yang berisi pemberitahuan ketika terjadinya penurunan maupun kegagalan.

Untuk membuat Google form di HP dengan mudah bisa melalui link Google dan resistor, merupakan komponen elektronik dua kutub.

Ini adalah untuk bisa mengatur bagaimana tegangan listrik serta arus listriknya. Sedangkan GPS Tracker adalah untuk mengunci, mematikan, hingga melacak dari HP.

Selanjutnya Anda bisa mengunduh dan install saja aplikasi baterai penuh dan alarm pencuri untuk melakukan tahapannya. Jangan lupa juga untuk menentukan tenaga kuda motor listrik dengan rumus yang ada.

Cara membuat alarm motor dengan HP pertama adalah dengan membuka aplikasinya kemudian pilih opsi Email dan tekan OK saja. Apabila muncul notifikasi Anda pilih OK dan izinkan atau allow.

Nah, pada halaman utama Google form, maka Anda bisa memilih formulir kosong maupun menggunakan template yang ada pada form.

Jika tegangannya berubah menjadi 5 volt, maka Anda bisa menggunakannya untuk mengisi daya baterai pada HP.

Tutorial Pemasangannya

Untuk memasang alarm pada sepeda motor, maka Anda harus membongkar body motor dahulu. Jadi bagian yang harus Anda bongkar ini adalah yang ada hubungannya dengan klakson.

Namun tiap jenis motor juga memiliki body yang berbeda dan biasanya motor matic adalah yang paling mudah. Untuk membuka body motor tersebut maka Anda cukup menggunakan obeng dan juga kunci ring 10 saja.

Cara membuat alarm motor dengan HP selanjutnya adalah dengan membuat saklar untuk alarm. Caranya adalah dengan melepas baut pada bagian saklar ON/OFF dengan menggunakan obeng.

Baca Juga:  Cara Membuat Jok Motor Tidak Licin Menggunakan Langkah Ini

Kupas sedikit saja kulit kabel menggunakan cutter kemudian sambungkan lagi dengan kaki-kaki yang ada pada saklar. Pada ujung kabel juga harus Anda sambungkan ke bagian bodi motor yang sudah Anda bongkar.

Selain itu, Anda juga harus bisa mencari jenis kabel yang mengandung massa maupun kabel negatif. Kabel ini perlu Anda sambungkan dengan kabel klakson positif.

Setelah selesai, lalu rapikan kerutan kabel dengan menggunakan perekat agar lebih aman dan tidak mengganggu selama berkendara. Lalu Anda juga harus tahu bagaimana cara kerja alarm tersebut.

Jika saklar ada pada posisi ON begitu juga kunci kontaknya, maka alarm akan terus berbunyi sampai saklar mati. Jika Anda akan meninggalkan motor pastikan bahwa saklarnya juga sudah harus dalam keadaan ON.

Setelah tahu beberapa cara membuat alarm motor dengan HP kini saatnya Anda untuk langsung mencobanya.