Home ยป Info
Info

Cara Membaca Dipstick Oli Mobil untuk Mengecek Kondisi Oli, Simak!

Cara membaca dipstick oli mobil yang benar dan tepat harus Anda pelajari, sebab akan membuat Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi olinya.

Karena saat ini produsesn mobil sudah memudahkan para penggunanya untuk memeriksa kondisi oli dengan alat ini.

Nah, dipstick oli sendiri merupakan alat yang kepalanya berbentuk lingkaran dan batangnya terbuat dari plat besi tipis panjang. Keberadaannya ini sebenarnya sudah ada dari produsen itu sendiri, namun jika rusak maka bisa beli.

Cara Membaca Dipstick Oli Mobil yang Mudah dan Simpel

Untuk bisa mengecek bagaimana kualitas oli mobil, maka kini akan terasa sangat mudah karena sudah memiliki alat khusus. Semakin lama kita gunakan, maka kualitas oli juga akan semakin menurun, sehingga penting untuk mengeceknya.

Jika dulunya kita mengecek harus ke bengkel, namun saat ini sudah ada alat yang bisa membantu untuk mengecek bagaimana kualitas olinya.

Tapi sayangnya tidak semua orang tahu dan paham tentang bagaimana cara penggunaan alat tersebut.

Karena mengecek oli adalah hal yang wajib Anda lakukan, maka Anda juga harus tahu penggunaan alat tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa trik mudah yang bisa langsung Anda lakukan.

Parkirkan Mobil

Sebelum tahu bagaimana cara membaca dipstick oli mobil, maka Anda harus memarkirkan kendaraan pada permukaan yang rata.

Hal ini bertujuan agar saat membaca oli dengan alat ini bisa lebih akurat dan jangan sampai kondisi mobilnya miring.

Jangan Menyalakan Mesin

Ketika memeriksa oli, pastikan bahwa mesin kendaraan itu sudah dalam keadaan mati, sebab temperatur mesin bisa mempengaruhi pengecekan.

Tetapi pastikan bahwa ketika Anda mengecek mobil ada baiknya mesin dalam keadaan sedang panas.

Buka Kap Mesin

Pada bagian pinggir pintu pengemudi, maka akan ada bagian yang bisa untuk membuka kap mesin mobil. Sehingga Anda bisa langsung menarik kemudian mendorong palangnya lalu keluar dari mobil.

Baca Juga:  Model Sepatu Sesuai Bentuk Kaki, Gunakan Tipsnya Demi Kenyamanan

Setelah kap mesin terbuka, maka Anda bisa langsung mencabut alat pengecekan oli tadi untuk kemudian bisa Anda gunakan.

Perhatikan Bagaimana Level Indicator

Biasanya akan ada dua titik kecil pada bagian ujung alat ini yang satu menunjukkan oli penuh dan satunya menunjukkan jumlah minimal.

Sedangkan untuk membacanya adalah dengan cara memastikan titik minimum yang seharusnya ada pada bagian dekat ujung titik maksimum.

Biasanya sekitar satu inci atau bisa lebih tinggi lagi. Untuk mobil yang mempunyai oli dengan jumlah cukup, maka garisnya akan ada pada sekitaran pertengahan kedua titik itu.

Apabila titiknya berada pada minimum, maka akan ada pada bagian paling ujung alat tersebut. Jika garis dari tanda oli pada alatnya dan berada pertengahan ujung dan titik itu, artinya Anda harus menambah oli lagi.

Setelah Anda tahu cara membaca dipstick oli mobil, kini tidak perlu repot-repot lagi membawanya ke tukang bengkel. Sebab Anda bisa memanfaatkan alat pengukuran oli tersebut saja.