Media Sosial

Cara Mematikan Notifikasi WhatsApp yang Kerap Mengganggu

Ada beberapa cara untuk mematikan notifikasi aplikasi WhatsApp. Meskipun notifikasi atau pemberitahuan WhatsApp tersebut sangat membantu sebagai pengingat ada pesan masuk, namun tidak sedikit juga yang kesal.

Seperti kita ketahui, bahwa aplikasi WA saat ini sangat membantu untuk berkomunikasi dengan orang lain bahkan keluarga, saudara, atau teman.

Terlebih saat ini dalam aplikasi tersebut sudah ada grup, yang makin membantu berkomunikasi atau menyebarkan informasi sesama teman grup.

Memang pada pesan pemberitahuan tersebut sangat membantu. Namun ada kalanya ketika kita tengah asik bermain game atau tengah menonton film via smartphone, diganggu oleh notifikasi yang sering muncul.

Sehingga sangat jelas bahwa pesan pemberitahuan itu sangat-sangat mengganggu dan bikin tidak nyaman.

Langkah-langkah Cara Mematikan Notifikasi WhatsApp

Tidak sedikit pengguna aplikasi pesan yang populer ini kerap risih, saat pesan pemberitahuan masuk secara terus menerus.

Sehingga, agar tidak terganggu maka pengguna aplikasi WhatsApp memilihnya untuk menyembunyikan notifikasi tersebut.

Akan tetapi, masalahnya adalah tidak tahu bagaimana cara menonaktifkan pesan pemberitahuan aplikasi tersebut.

Jika Anda mengalami masalah seperti itu, maka jangan khawatir. Pasalnya, ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk mematikan pesan pemberitahuan dari aplikasi WhatsApp yang sering muncul.

Lewat Pengaturan HP Android

Bagi Anda pengguna HP Android, maka berikut ini langkah-langkah cara yang bisa dilakukan untuk mematikan notifikasi WhatsApp.

Cara yang pertama adalah lewat pengaturan smartphone. Pertama buka dulu Setting atau Pengaturan. Selanjutnya, buka Aplikasi atau System apps.

Langkah berikutnya adalah membuka atau klik Daftar Aplikasi/Manage Apps. Setelah itu, Anda tinggal pilih aplikasi WhatsApp.

Kemudian, ketuk Notifikasi lalu nonaktifkan atau matikan seluruh pemberitahuan. Jangan lupa juga matikan getaran dan tampilan WhatsApp pada layar depan.

Baca Juga:  Paket OMG dari Telkomsel, Bisa Akses YouTube dan Sosmed Suka-suka

Setelah menempuh semua langkah cara mematikan notifikasi WhatsApp, maka Anda tinggal mencobanya, apakah ketika pesan masuk muncul atau tidak.

Namun, salah satu kerugian setelah Anda menonaktifkan pesan pemberitahuan, maka tidak akan mengetahui apakah ada pesan yang masuk atau tidak.

Jadi, untuk mengetahui ada pesan masuk atau tidak maka Anda harus membuka aplikasi WhatsApp.

Menonaktifkan Pemberitahun WA Grup

Cara mematikan notifikasi WhatsApp di atas memang untuk semuanya termasuk dari grup. Namun bagaimana jika ingin hanya menonaktifkan pesan dari grup saja.

Langkah pertama adalah buka aplikasi WA yang ada pada HP Android Anda. Kemudian, tekan menu Setting atau pengaturan. Caranya adalah mengetuk ikon yang berupa 3 titik vertikal yang ada pada pojok bagian kanan layar.

Selanjutnya adalah memilih Notifikasi. Setelah itu nantinya ada 2 pilihan pengaturan, yaitu pertama untuk Personal dan kedua adalah Grup.

Nah, jika Anda ingin menonaktifkan notifikasi hanya untuk WhatsApp Grup, maka pilihlah Grup.

Sementara untuk menonaktifkan pemberitahuan tersebut, ketuk opsi Notifikasi Pop Up, dan lalu mematikan pop up pesan grup.

Jadi, setelah menempuh semua cara mematikan notifikasi WhatsApp tersebut, maka nantinya pada layar HP Android Anda tidak akan muncul lagi pesan-pesan yang kerap mengganggu.