Home ยป Info
Info

Cara Melepas Tangkai Wiper Mobil dan Waktu yang Tepat Menggantinya

Cara melepas tangkai wiper mobil perlu Anda ketahui agar bisa melakukan penggantian dengan mudah. Hal ini mengingat komponen tersebut penting keberadaannya.

Apalagi ketika musim hujan, tentu peran wiper akan terasa. Fungsinya yaitu mampu membersihkan kotoran dan air hujan pada bagian kaca mobil.

Sehingga pandangan ketika berkendara pun jauh lebih mudah dan aman. Untuk mendapatkan fungsi yang tepat, wiper mobil harus dalam kondisi prima.

Pastikan Anda melakukan perawatan dan penggantian secara berkala. Termasuk cara melepas tangkai wiper mobil secara tepat. Anda harus tahu waktu yang baik dan bagaimana tips aman untuk melakukan perawatan.

Baca juga: Penyebab Wiper Mobil Macet, Coba Periksa Beberapa Bagian Ini

Bagaimana Cara Melepas Tangkai Wiper Mobil yang Aman?

Setiap kendaraan hadir dengan berbagai komponen utama dan pendukung. Salah satunya yaitu pada wiper mobil. Komponen yang satu ini memiliki peran yang cukup penting dalam menunjang keselamatan.

Sebab, tanpa adanya wiper, jarak pandang pengemudi akan jauh berkurang. Hal ini akan terasa apabila berkendara di musim hujan.

Namun dengan bantuan wiper, membuat kaca mobil bagian depan bisa dibersihkan, baik dari kotoran atau air hujan.

Demi menunjang kenyamanan berkendara, tentu semua komponen kendaraan perlu perawatan berkala. Apalagi jika terjadi kerusakan, mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Mengetahui cara melepas tangkai wiper mobil membantu Anda mengurangi biaya pemasangan. Sebab tidak perlu menggunakan bantuan mekanik.

Meski terbilang mudah, namun jangan anggap sepele. Agar bisa secara tepat dalam melakukan penggantian, ikuti tipsnya. Ketahui komponen yang ada dalam wiper mobil.

Penggantiannya pun juga harus tepat. Saat mengganti kaca wiper, Anda harus hati-hati. Sebab, bisa-bisa karet menjadi bengkok sehingga komponen bekerja tidak secara normal.

Baca Juga:  Kesal Punya Pori-Pori Besar, Begini Cara Merawatnya agar Tak Mudah Dimasuki Kotoran

Saat karet bergeser dari bagian tangkainya, kemungkinan besar karet tidak akan menyentuh bagian kaca. Hal inilah yang mengakibatkan komponen tidak dapat berfungsi secara optimal.

Baca juga: Cara Cek Karet Wiper Mobil, Sudah Saatnya Ganti atau Belum

Alat Pendukung Saat Melepas Wiper Kaca Mobil

Cara melepas tangkai wiper mobil memang tidak mudah. Untuk itu, Anda harus teliti. Melepas dan mengganti komponen ini terbilang tidak bisa sembarangan.

Sama seperti komponen kendaraan lainnya yang membutuhkan perawatan dan penggantian. Karena itu, sebaiknya Anda melakukan pengecekan agar semua komponen pada mobil bisa bekerja dengan normal.

Selain tekniknya tepat, ada beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda dalam melepas dan mengganti komponen. Ada beberapa alat yang perlu dipersiapkan mulai dari kaos tangan, kunci pas, dan obeng.

Selain itu, untuk alat pendukung lainnya berupa WD 40. Alat ini juga bisa bermanfaat untuk membersihkan karet yang menyebabkan lengket dengan tempatnya.

Dengan alat yang lengkap dan mumpuni, maka bisa mempercepat proses pelepasannya. Anda pun jangan mengabaikannya.

Waktu Tepat Mengganti Wiper Kaca Mobil

Semua komponen kendaraan memiliki masa pemakaian. Bahkan perlu diganti jika kondisinya tidak bisa berfungsi optimal. Begitu juga dengan cara melepas tangkai wiper mobil, tentu wajib Anda ketahui.

Hal ini karena wiper juga memiliki waktu penggantian ketika kondisinya sudah tidak normal. Apalagi karet dapat terurai dan menjadi getas. Sebaiknya untuk menggantinya kurang lebih setahun sekali atau setiap 6-12 bulan.

Sebaiknya selalu cek kondisinya setiap saat. Hal ini perlu Anda lakukan untuk mengetahui tanda ketika wiper kaca mobil harus ganti. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan wiper rusak atau perlu Anda ganti.

Baca Juga:  Cara Balancing Roda Mobil yang Aman, Ikuti Langkah Mudah Berikut Ini

Bisa karena aus atau perawatannya yang kurang tepat. Hal ini mengakibatkan wiper mudah retak, robek, bahkan perlu Anda ganti meski waktu penggunaan belum lama.

Ada beberapa ciri yang membantu Anda mengetahui kapan wiper perlu segera ganti. Bisa tampak dari bagian bilah karet. Jika terdapat goresan atau retak, sebaiknya ganti agar tidak merusak kaca.

Selain itu, hasil sapuan yang kurang optimal juga menjadi ciri-ciri jika wiper sudah tidak mampu bekerja secara optimal.

Cara melepas tangkai wiper mobil pun menjadi hal yang wajib Anda tahu. Sebagai pemula, pastikan Anda perhatikan ulasan di atas. Tanpa harus ke bengkel, Anda sudah bisa melepas tangkai wiper sendiri. Tentu lebih hemat pengeluaran bukan?