Home » Info » Cara Investasi SBN dengan 2 Metode Online Maupun Offline
Info

Cara Investasi SBN dengan 2 Metode Online Maupun Offline

Cara investasi SBN atau Surat Berharga Negara tidaklah mudah. Meskipun investasi ini sudah dijamin oleh negara. Jenis investasi cukup bervariasi, salah satunya yaitu SBN.

Pemerintah sengaja membentuk SBN sebagai jalan alternatif dalam pembiayaan program dan pembangunan. Cara ini memiliki tujuan untuk dapat mensejahterakan masyarakat.

Investasi menjadi kegiatan yang dilakukan untuk dapat memperbaiki kebutuhan finansial jangka panjang. Namun semakin besar keuntungan yang Anda dapatkan biasanya risiko kerugian juga semakin bertambah.

Untuk itu, sebagai calon investor ada baiknya jika Anda mengetahui cara investasi SBN agar menguntungkan.

Definisi dan Cara Investasi SBN

Sebelum berinvestasi ada banyak hal yang perlu Anda lakukan. Salah satunya memutuskan jenis investasi yang tepat. Kini sedang trend jenis investasi SBN.

Investasi ini diterbitkan oleh pemerintah Indonesia. Pada umumnya investasi ini terbit setiap setahun sekali dalam periode tertentu.

SBN adalah instrumen investasi yang di mana masyarakat umum dapat menjadi investor untuk membantu pemerintah menjalankan programnya.

Caranya dengan membelinya sebagai investasi. SBN memiliki tingkat keamanan yang baik karena sudah pemerintah jamin. Karena alasan inilah sebagian besar memilih instrumen SBN dalam investasi.

Membeli Investasi SBN Via Online dan Offline

Sebenarnya cara investasi SBN bisa Anda lakukan dengan 2 metode yaitu baik secara online maupun offline. Untuk Anda yang ingin membeli SBN secara offline dapat segera berkunjung ke lembaga keuangan legal terdekat.

Namun pastikan jika Anda sudah menjadi mitra Bank Indonesia dalam menjual SBN. Namun ada juga cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu membelinya secara online.

Saat ini kemajuan dunia teknologi membuat pembelian SBN jauh lebih mudah. Anda dapat menjalankan investasi via online. Pasalnya sudah tersedia e-SBN untuk membeli melalui online dengan jaringan internet.

Baca Juga:  Cara Pasang Roof Box di Mobil dengan Poin Berikut Agar Lebih Aman!

Dengan adanya hal ini sudah tidak ada lagi kesulitan dalam berinvestasi. Cukup menggunakan ponsel, Anda bisa mengaksesnya kapan dan di mana saja.

Bahkan pihak pemerintah juga bekerjasama dengan berbagai perusahaan finansial teknologi untuk menjadi mitra distribusi. Adapun cara yang bisa Anda lakukan yaitu:

  1. Langkah awal sebaiknya Anda memilih mitra distribusi sesuai keinginan. Pastikan lebih dulu jika mitra tersebut mengantongi izin dari BI
  2. Setelah itu, cara penanaman modal kedua yaitu dengan mendaftarkan diri melalui sistem elektronik dari mitra distribusi
  3. Dalam pendaftaran tersebut umumnya Anda harus melengkapi berkas dengan menyertakan data diri, nomor rekening dana, SID , dan nomor rekening surat berharga
  4. Jika belum memiliki SID bisa menggunakan rekening dana, surat berharga, dan menghubungi Midis untuk melakukan pembuatan
  5. Saat melakukan pemesanan SBN sebaiknya calon investor membaca ketentuan dan memorandum informasinya
  6. Biasanya pemesanan hanya dapat Anda lakukan saat masa penawaran
  7. Setelah verifikasi, calon investor bisa memperoleh kode pembiayaan melalui email atau SMS.

Sebaiknya lakukan pembayaran menggunakan kode tersebut dalam batas tertentu jika cara investasi SBN sudah berhasil Anda jalankan.