Home » Info » Cara Ganti User Agent Android Termudah, Pemula Harus Simak Ini!
Info

Cara Ganti User Agent Android Termudah, Pemula Harus Simak Ini!

Cara ganti user agent Android wajib untuk Anda ketahui agar mudah dalam penerapannya. User agent sendiri merupakan sebuah identitas browser.

Jadi saat menggunakan browser, maka setiap pengguna akan terdeteksi pada browser itu.

Tidak hanya itu saja, melainkan user agent ini juga bisa kita manipulasi atau ganti dengan cara menambah data ke dalam browser tersebut.

Lalu apa keuntungan memanipulasinya? Bagaimana langkah untuk memulainya? Simak penjelasannya berikut!

Cara Ganti User Agent Android yang Wajib untuk Anda Simak dan Pahami

User agent sendiri merupakan script yang dikirimkan oleh web browser ke web server maupun ke setiap situs yang akan kita kunjungi.

Sehingga setiap situs web yang kita kunjungi itu bisa mengetahui browser serta sistem operasi yang sedang kita gunakan.

Nah, dengan demikian maka konten tersebut juga bisa kita sesuaikan dengan jenis sistem operasi kita sendiri.

Apabila Anda tak ingin browser melacak user agent Anda, maka ada banyak cara untuk menggantinya, seperti dengan fitur Add-ons saja.

Memang sebenarnya ada sebuah fitur khusus pada browser Android yang dapat mengubah user agent mobile browser dengan mudah. Sehingga user agent itu seperti kode khusus yang berguna untuk mendeteksi jenis dan tipe HP yang sedang kita gunakan untuk berselancar.

Bagi Anda yang mungkin belum mengetahui bagaimana caranya, maka bisa menyimak artikel ini sampai selesai. Selain tergolong mudah, namun juga memiliki manfaat lain yang tidak terduga.

Melalui Stock Browser HP

Cara ganti user agent Android untuk tips yang pertama ini adalah bisa Anda lakukan melalui stock browser dengan mudah.

Baca Juga:  Cara Merawat Mobil Warna Putih Agar Warnanya Tampak Seperti Baru

Nah, stock browser Android sendiri merupakan hal yang lebih mendahulukan mobile dan jika suka dengan user agent maka bisa melakukannya.

Anda juga tidak perlu khawatir, sebab langkah-langkah yang harus Anda tempuh juga tergolong sangat mudah dan simpel. Untuk tips yang pertama Anda bisa masuk ke menu Setelan, Pengaturan, atau Settings pada browser HP Anda.

Selanjutnya nanti secara otomatis akan langsung terdapat beberapa menu. Anda bisa langsung memilih opsi Advanced atau Lanjutan.

Kemudian Anda bisa langsung memilih lagi opsi Agen Pengguna atau User Agent.

Pilih lagi desktop maupun user agent lain yang tersedia misalnya Android. Selesai.

Nah, cukup mudah bukan? Namun tak hanya cara ini saja, melainkan masih ada tips lain lagi yang dapat Anda pilih.

Gunakan Fitur Add-Ons

Cara ganti user agent Android untuk tips yang kedua ini juga tergolong sangat mudah dan praktis. Pasalnya Anda bisa memanfaatkan sebuah fitur yang bernama Add-ons pada browser dengan download User-Agent Switcher dahulu.

Namun cara yang satu ini sayangnya hanya bisa mengubah atau mengganti user agent pada browser Firefox dan tidak untuk semua browser.

Cara yang pertama Anda bisa mendownload dahulu browser Firefox pada HP Android dan install sampai berhasil.

Selanjutnya buka saja browser tersebut dan jangan lupa pula untuk mengunduh add-on nya yang ada dalam link User-Agent Switcher. Jika sudah berhasil mendownloadnya, maka bisa langsung masuk ke add-on dengan menekan titik tiga bagian kanan browser.

Kemudian Anda bisa meletakkan User-Agent Switcher biasa pada bagian bawah lalu kemudian masuk saja ke opsi atau menu tersebut. Terakhir Anda bisa langsung mengganti user agent sesuai dengan keinginan Anda.

Baca Juga:  Cara Nonton Drakor di Telegram Tanpa Ribet, Lakukan Ini!

Apa Manfaat Ganti User Agent?

Tak hanya cara ganti user agent Android saja yang harus Anda ketahui, melainkan juga sejumlah manfaatnya. Lantas apa saja itu?

Sebelumnya untuk memastikan user agent Anda sudah benar-benar berubah, maka bisa melakukan pengecekan saja. Caranya adalah dengan masuk ke Google Search kemudian ketikkan kata kunci atau keyword My User-Agent.

Apabila sudah berubah sesuai dengan yang Anda ganti sebelumnya, itu menandakan sudah berhasil, begitu juga sebaliknya.

Salah satu manfaatnya yaitu situs yang kita akses itu tidak akan dapat melacak browser sebenarnya yang sedang kita gunakan. Manfaat lainnya adalah seperti bisa mengakses website dengan mudah yang hanya dapat kita akses melalui PC.

Terlebih dengan memanfaatkan HP, maka cara ganti user agent Android merupakan hal yang mudah untuk Anda lakukan.