Home ยป Info
Info

Cara Cek Klakson Motor Mati Melalui Beberapa Komponen Bersangkutan

Cara cek klakson motor mati bisa dilakukan melalui beberapa tanda. Ada beberapa komponen yang bisa mengindikasi jika klakson bermasalah.

Seperti komponen lainnya, klakson juga memiliki peran cukup penting. Bahkan klakson adalah piranti yang memiliki posisi cukup vital pada sepeda motor.

Meski tanpa adanya komponen tersebut motor bisa berjalan, namun tanpanya juga bisa berakibat buruk. Semua komponen sepeda motor memiliki peran masing-masing.

Jika salah satu komponen bermasalah bisa menimbulkan hal yang buruk. Potensi terjadinya kecelakan juga akan jauh lebih besar.

Adanya klakson membuat pengendara lain bisa tahu posisi kita di belakang.

Suaranya yang cukup keras membantu pengendara lain mengetahui posisi Anda. peran klakson hampir sama dengan lampu.

Namun jika klakson bermasalah Anda akan merasa kesulitan. Sebaiknya segera lakukan cara cek klakson motor mati.

Sehingga dapat mengatasinya dengan mudah. Anda tidak perlu membawanya ke bengkel, namun bisa cek beberapa komponen agar tahu mengapa klakson bisa mati.

Semua jenis kendaraan, baik itu sepeda motor maupun mobil tentu memiliki klakson untuk memperingati kendaraan lain. Klakson sebagai sistem keselamatan berkendara.

Peran pentingnya untuk memberi peringatan pada pengendara lain. Ada banyak kasus kecelakaan yang terjadi akibat tidak membunyikan klakson. Biasanya klakson tidak bunyi akibat beberapa faktor.

Saat kondisinya mati ada baiknya Anda melakukan pengecekan pada beberapa komponen. Hal ini bertujuan agar bisa tahu dari mana sumber masalah.

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pembongkaran, sebaiknya lakukan pengecekan pada beberapa komponen.

Dengan mengetahui sumber masalah klakson mati, bisa teratasi dengan mudah dan cepat. Berikut ini ada beberapa komponen yang berkaitan dengan klakson motor antara lain:

Baut Platina

Salah satu cara cek klakson motor mati yaitu dari komponen baut platinanya.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Ulu Hati Nyeri saat Puasa, Kuncinya di Makan Sahur dan Berbuka

Saat klakson tidak berbunyi, ada baiknya untuk mengecek komponen tersebut. Baut platina berada pada bagian belakang klakson.

Jika sepeda motor melalui area jalan yang terjal atau berbatu, biasanya komponen tersebut berpindah posisi. Bisa jadi penyebab klakson mati karena baut platina yang tidak berada pada posisi sempurna.

Cobalah untuk menyetel ulang baut platina agar berada pada posisi yang tepat. Anda bisa buka bagian mur pengunci menggunakan tang dan putar menggunakan obeng.

Lakukan cara tersebut sambil menekan klakson agar tepat pada posisinya. Jika dengan cara ini klakson bisa berbunyi kembali, maka Anda tidak perlu lagi membawanya ke bengkel.

Cek Bagian Aki

Mengingat klakson membutuhkan sistem kelistrikan, maka akan berhubungan dengan aki.

Anda bisa gunakan cara cek klakson motor mati melalui aki. Kemudian Anda bisa cek apakah aki masih dalam kondisi bagus atau tidak.

Jika aki bermasalah atau tekor, ada beberapa tanda yang akan terjadi. Mulai dari ritme lampu sein mengikuti rpm dari gas.

Selain itu, lampu agak redup, elektrik starter sedikit berkurang, dan starter yang sulit untuk diaplikasikan.

Jika kondisinya semakin parah sebaiknya segera bawa ke bengkel. Ada baiknya untuk mengganti aki yang baru.

Kabel Klakson

Sistem kelistrikan sepeda motor terdiri dari beberapa komponen. Hal ini juga terjadi pada bagian klakson yang terdiri dari rangkaian yang rumit.

Jika pengecekan aki selesai dan kondisinya bagus segera cek bagian kabelnya.

Silahkan cek bagian kabel yang tersambung. Jika ada yang terputus atau terlepas bisa menjadi penyebab klakson mati.

Segera lakukan cara cek klakson motor mati melalui rangkaian kabelnya. Jika masih ada yang mengganggu, ada baiknya untuk mengecek dan merawat semua komponen yang berkaitan.

Baca Juga:  3 Cara Aman Mengendarai Mobil di Musim Hujan, Nomor 2 Perhatikan

Segera sambung kabel yang putus dan cek apakah klakson bisa menyala atau tidak. Mungkin saja penyebabnya hanya kabel yang putus atau bermasalah.

Kondisi Saklar dan Klakson

Pengecekan selanjutnya berasal pada komponen saklar dan klakson. Sering terjadi masalah klakson mati akibat adanya kotoran yang menempel.

Jika masalah ini adalah penyebabnya, solusi untuk mengatasi yaitu melepas rumah saklar dan stang motor.

Bersihkan menggunakan bantuan amplas halus. Gunakan juga cairan anti karat untuk membantu kotoran hilang.

Bersihkan secara detail sebagai cara cek klakson motor mati untuk bisa mengatasi masalah secara cepat.