Home » Aplikasi » Cara Cek Baterai AirPods di Android dengan Atau Tanpa Aplikasi
Aplikasi

Cara Cek Baterai AirPods di Android dengan Atau Tanpa Aplikasi

Cara cek baterai AirPods di Android sangat perlu agar pengguna tidak kehabisan daya. Apple AirPods merupakan headphone wireless yang sangat populer dan penggunaannya beragam.

Pasar AirPods sendiri tidak hanya mencakup produk Apple, tetapi para pengguna Android. Tidak sedikit dari pengguna Android yang menggunakan AirPods dengan perangkat mereka.

Karena tidak menggunakan kabel, maka AirPods akan bekerja dengan baterai. Jika baterai AirPod habis, maka Anda perangkat tersebut tidak akan bekerja.

Ketahui Cara Cek Baterai AirPods di Android!

Model headphone saat ini memang sudah tidak menggunakan kabel seperti zaman dulu. Headphone model ini menjadi pilihan karena lebih praktis.

Dapat dikatakan bahwa Apple AirPods adalah pencetus trend earphone wireless. Itulah kenapa, begitu banyak orang yang memilih menggunakan produk dari Apple tersebut.

Bahkan, pasar AirPods bukan hanya untuk para pengguna produk Apple saja, melainkan hingga pengguna Android. Seperti earbud nirkabel lainnya, AirPod bekerja dengan baterai.

Sebagai pengguna, penting untuk Anda melihat dan mengecek secara berkala persentase baterai. Itu bertujuan agar Anda bisa langsung melakukan pengisian daya jika sudah akan habis.

Melihat baterai AirPods di Android terkadang cukup rumit. Banyak dari pengguna Android yang tidak tahu mengetahui caranya. Padahal, sangat mudah untuk melakukannya.

Inilah cara cek baterai AirPods di Android dengan sangat mudah yang bisa Anda lakukan sendiri.

Lampu pada Casing Pengisi Daya AirPods

AirPods memiliki casing yang berguna untuk pengisian daya dan juga tempat penyimpanan mereka. Casing tersebut bisa Anda gunakan untuk melihat level baterai pada AirPods.

Baca Juga:  Aplikasi New Profile Pic Ubah Foto Jadi Gambar Kartun, Amankah?

Jika AirPods berada di dalam casing dengan tutup terbuka, maka dapat terlihat bahwa ada lampu yang menyala untuk menunjukkan status pengisian daya.

Apabila AirPods tidak ada di dalam casing, maka lampu tersebut hanya akan menunjukkan status pengisian daya casing sendiri. Jika Anda melihatnya secara cermat, maka dapat terlihat status baterai keduanya.

Lampu hijau yang terlihat akan menunjukkan bahwa status pengisian daya selesai, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai persentase baterai.

Cara cek baterai Airpods di Android ini bukan memberikan persentase baterai pada baterai, tetapi hanya perkiraan saja. Namun, cara ini menjadi salah satu yang sangat mudah untuk Anda lakukan.

Anda bisa mulai bersiap untuk mengisi daya saat lampu pada casing menunjukkan indikator oranye atau merah. Dengan begitu, Anda tidak akan kehabisan baterai AirPods dan bisa terus menggunakannya.

Menggunakan Aplikasi Air Battery

Jika Ada ingin benar-benar melihat status baterai AirPods, maka caranya adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan.

Aplikasi bernama AirBattery menjadi pihak ketiga yang bisa Anda gunakan untuk mengecek status baterai AirPods. AirBattery hadir secara gratis untuk membantu para pengguna Android mengetahui persentase AirPods mereka.

Tersedia di Play Store, AirBattery menjadi aplikasi tertua di bidang ini dengan banyak pengguna. Pengoperasian aplikasi ini juga sangat sederhana.

Langkah pertama adalah dengan membuka Google Play Store di Android. Setelah terbuka, cari aplikasi AirBattery di dalamnya yang dikembangkan oleh Georg Friedrich.

Setelah ketemu, unduh dan install aplikasi tersebut ke dalam ponsel. Jika sudah, cara cek baterai Airpods di Android dengan aplikasi ini adalah dengan membukanya bersamaan dengan AirPods yang sudah terhubung ke perangkat Android.

Setelah itu, maka tampilan aplikasi pada layar akan sama seperti yang ada di iPhone pada umumnya.

Baca Juga:  Cara Karaoke di Android dengan Headset Menggunakan Bantuan Aplikasi

Anda akan melihat secara rinci mengenai tingkat pengisian daya AirPods dan juga tingkat baterai pengisi dayanya.

Semua informasi yang Anda butuhkan mengenai AirPods juga tersedia secara lengkap. Meski demikian, pengembang aplikasi ini melaporkan bahwa tidak selamanya persentase baterai yang ditampilkan itu akurat.

Ketika Anda melakukan pengecekan baterai AirPods di Android menggunakan AirBattery, maka sangat penting untuk menggunakan margin kesalahan 10%.

Karena tetap ada kemungkinan jika persentase baterai yang terlihat di layar tersebut sedikit lebih rendah daripada aslinya. Aplikasi ini memiliki fitur yang berbayar dan iklan di dalamnya.

Namun, khusus untuk cara cek baterai AirPods di Android dapat Anda akses secara gratis. AirBattery tidak hanya untuk mengecek baterai AirPods, tetapi juga hampir semua headphone nirkabel yang beredar di pasaran selain produk dari Apple.