Home ยป Info
Info

Cara Alami Mengatasi Keringat Berlebih, Lakukan 5 Hal Ini

Cara alami mengatasi keringat berlebih bisa kamu lakukan secara alami agar tubuh bisa terhindar dari aroma bau tak sedap. Tubuh manusia sudah pati akan mengeluarkan keringat karena itu sudah menjadi hal yang alami.

Meskipun terkadang terasa mengganggu, namun keringat memiliki manfaat buat keseimbangan kerja tubuh. Selain itu, berkeringat juga merupakan cara mengatur temperatur tubuh.

Saat tubuh kita kepanasan, maka keringat pun akan keluar mendinginkan dan melembabkan tubuh.

Meski begitu, tidak semua orang beranggapan bahwa keringat bukanlah hal yang mengganggu. Sekalipun keringat keluar secara berlebihan dan meninggalkan noda pada baju.

Untuk mencegah keluarnya keringat berlebih, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara alami untuk mengatasinya.

Cara Alami Mengatasi Keringat Berlebih dengan Mudah dan Alami

Gunakan Pakaian Berbahan Tepat

Pemilihan bahan pakaian sangat membantu mencegah munculnya keringat berlebih. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih pakaian berbahan ringan dan tidak menyimpan hawa panas dalam pakaian.

Selain itu, warna pakaian juga sangat membantu mengatasi panas yang menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat berlebih.

Hindari Makanan Tertentu

Cara alami mengatasi keringat berlebih salah satunya dari pemilihan jenis makanan. Karena makanan juga dapat membantu mengurangi keringat berlebih dan mencegah bau keringat tak sedap jika kita tepat memilih jenis makanan.

Salah satu jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari agar tubuh tidak mengeluarkan keringat berlebih yaitu makanan pedas.

Pasalnya, ketika mengonsumsi makanan yang pedas, tubuh akan cepat merespon terhadap rasa panas lainnya, yaitu mengeluarkan keringat.

Selain itu, minuman yang perlu dihindari yaitu kopi dan teh. Sebab, kafein yang terkandung dalam kedua jenis minuman tersebut dapat menstimulasi kelenjar adrenal serta keringat pada ketiak, telapak tangan, dan kaki.

Baca Juga:  Kemoterapi, Mengobati Penyakit Kanker dengan Cara Memberantas Sel-Sel Kanker

Pastikan Tubuh Tetap Dingin

Cara alami mengatasi keringat berlebih yang berikutnya yaitu kamu harus pastikan tubuh tetap dingin. Berkeringat adalah cara tubuh mendinginkan diri. Saat tubuh kamu tetap dingin tentunya tidak akan mengeluarkan keringat.

Ketika udara panas, tutup ruangan rumah dengan menggunakan gorden atau bisa juga gunakan kipas angin maupun AC menyala.

Sebelum Tidur Gunakan Antiperspiran

Gunakan antiperspiran sebelum tidur malam menjadi salah satu cara alami mengatasi keringat berlebih secara alami. Karena malam hari biasanya keringat lebih sedikit bahkan tidak ada sama sekali.

Selain itu, antiperspirant bekerja menangkal kelenjar keringat yang membuat keringat tidak dapat keluar. Dalam kondisi seperti itu keringat tetap masih diproduksi. Namun tidak bisa keluar ke permukaan kulit.

Agar penggunaan antiperspiran hasilnya bisa optimal, pastikan pada bagian ketiak benar-benar bersih dan kering.

Penanganan Medis

Jika kamu memiliki tubuh yang mudah berkeringat dengan jumlah banyak, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui apakah kamu termasuk orang mengalami hiperhidrosis atau bukan.

Orang yang menderita masalah ini akan mendapatkan penanganan medis seperti pemberian obat anti perspirant, antidepresan, obat minum, suntik botox, atau operasi.

Penanganan medis tersebut menjadi cara untuk mengatasi masalah keringat berlebih. Oleh karena itu penting buat kamu untuk mendatangi dokter.