Atasi Lelah Anda dengan Tujuh Makanan Penambah Energi Ini

Ilustrasi tubuh kekurangan energi. (Foto: klikdokter.com)
Bagikan:

Jakarta – Lelah atau lesu bisa menjadi salah satu tanda tubuh kekurangan energi. Kondisi ini tentu mempengaruhi aktivitas dan membuat tidak produktif.

Lelah atau lesu bisa dikarenakan jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi. Tidak semua jenis makanan mampu meningkatkan energi. Berikut beberapa jenis makanan yang mampu meningkatkan energi dalam tubuh menurut Healthline, Senin (29/3/2021).

Bacaan Lainnya

1. Pisang

Psang merupakan sumber karbohidrat kompleks, kalium, dan vitamin B6 yang sangat baik. Semuanya dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda.

READ  Empat Manfaat Minyak Zaitun, Ternyata Cegah Kanker

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna adalah sumber protein, asam lemak, dan vitamin B yang baik. Satu porsi salmon atau tuna memberi Anda jumlah harian asam lemak omega-3 dan vitamin B12 yang direkomendasikan.

Beberapa penelitian menunjukan, mengonsumsi suplemen omega-3 dapat mengurangi kelelahan, terutama pada pasien kanker dan mereka yang baru pulih dari kanker. Selain itu, vitamin B12 bekerja dengan folat untuk menghasilkan sel darah merah dan membantu zat besi bekerja lebih baik di tubuh Anda.

Kadar sel darah merah dan zat besi yang optimal dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi.

READ  Peneliti LIPI Ungkap Lama Waktu Bertahan Hidup Virus Covid-19 di Berbagai Benda

3. Ubi jalar

Dalam 100 gram ubi jalar dapat mengemas hingga 25 gram karbohidrat kompleks, 3,1 gram serat, 25 persen dari RDI untuk mangan, dan 56,4 persen dari RDI untuk vitamin. Kandungan serat dan karbohidrat komplek membuat tubuh lebih lambat mencerna ubi jalar sehingga dapat memberi pasokan energi yang stabil.

4. Telur

Telur mengandung protein yang dapat menjadi sumber energi yang stabil. Selain itu, leusin adalah asam amino paling melimpah dalam telur, dan diketahui dapat merangsang produksi energi dalam beberapa cara.

Leusin dapat membantu sel mengambil lebih banyak gula darah, merangsang produksi energi dalam sel, dan meningkatkan pemecahan lemak untuk menghasilkan energi. Selain itu, telur juga kaya akan vitamin B, yang membantu enzim menjalakan perannya dalam proses memecah makanan untuk energi.

READ  Lima Tips Atasi Rasa Lelah Pada Tubuh

5. Apel

Dalam 100 gram apel mengandung sekitar 14 gram karbohidrat, 10 gram gula, dan hingga 2,1 gram serat. Karena kaya akan gula dan serat alami, apel dapat memberikan pelepasan energi yang lambat dan berkelanjutan.

Selain itu, apel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Penelitian telah menunjukkan, antioksidan dapat memperlambat pencernaan karbohidrat, sehingga mereka melepaskan energi dalam jangka waktu yang lebih lama.

6. Popcorn

Popcorn mengandung tinggi karbohidrat dan serat, yang membuatnya sangat mengenyangkan dan pilihan yang baik untuk camilan penambah energi. Popcorn bisa menjadi makanan sehat jika dimasak dengan bahan-bahan yang sehat dengan menggunakan metode memasak air-pop.

READ  Koperasi Tani Hijau Makmur Berhasil Tembus Pasar Ekspor, Bustami Zainuddin: Contoh Sukses Kolaborasi

7. Coklat hitam

Cokelat hitam memiliki kandungan kakao yang lebih tinggi daripada cokelat biasa atau cokelat susu. Antioksidan dalam kakao telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh Anda.

Peningkatan aliran darah yang dihasilkan oleh antioksidan dalam kakao dapat membantu mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan suasana hati. Cokelat hitam juga mengandung senyawa perangsang, seperti teobromin dan kafein, yang telah terbukti meningkatkan energi mental dan suasana hati. (Zak/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *