Home ยป Info
Info

Arti Bearish dalam Saham Lengkap dengan Cara Menyikapi Kondisinya

Arti bearish dalam saham tentu wajib diketahui oleh semua investor. Hal ini karena bearish memiliki artian yang cukup penting. Dalam dunia investasi banyak istilah yang perlu Anda ketahui.

Apalagi untuk investasi saham, pastinya ada strategi yang harus dilakukan. Hal ini karena investasi saham cukup populer dan hasilnya menjanjikan.

Salah satu istilah penting dalam dunia saham yaitu bearish. Sama seperti istilah dalam dunia investasi yang memiliki artian penting.

Untuk itu, sebelum melakukan investasi ada baiknya jika Anda mengetahui dan memahami arti dari berbagai istilah dalam dunia investasi. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mengetahui pergerakan harga saham di pasaran.

Apa Sebenarnya Arti Bearish dalam Saham

Bearish adalah salah satu istilah penting yang sering terdengar dalam dunia investasi. Bagi Anda pemula investasi, ada baiknya jika mengetahui hingga paham akan arti dari berbagai istilah tersebut.

Istilah ini mungkin tidak asing lagi dalam dunia saham. Artian dari bearish itu sendiri merupakan istilah saat kondisi pasar saham ketika mengalami trend turun atau saham melemah.

Penurunan yang terjadi umumnya karena penurunan atau perlambatan pertumbuhan ekonomi. Istilah bearish memang akan muncul ketika indeks saham secara menyeluruh.

Bahkan istilah ini juga umum sebagai prediksi harga saham bergerak turun. Jika kondisi ini terus berlangsung, investor wajib mempertimbangkan penjualan saham agar terhindar dari kerugian.

Kondisi bearish memang bisa mempengaruhi investor merugi. Hal ini karena reaksi berlebih yang investor lakukan yaitu ikut menjual saham padahal harganya rendah. Akibat kepanikan inilah, risiko kerugian investor terjadi.

Salah satu agar Anda dapat terhindar dari kondisi ini lebih baik tahu arti bearish dalam saham dan cara analisisnya. Cara ini akan membantu investor dalam menganalisa saham dan proyeksinya untuk masa depan.

Baca Juga:  Tren Hobi Masak Makin Digandrungi, Ini Tips Pilih Peralatan Dapur Kekinian

Sikap Menghadapi Kondisi Bearish

Sebenarnya bearish menjadi salah satu kondisi yang tidak investor inginkan. Namun untuk kondisi ini sudah menjadi hal yang biasa terjadi dalam dunia saham. Meski demikian, kondisi ini bukan untuk dihindari.

Para investor harus tahu bagaimana cara untuk menyikapinya. Salah satunya dengan mengetahui arti bearish dalam saham. Sebaiknya investor menyikapinya dengan cara pindah dari ekuitas ke sekuritas.

Sambil menunggu pergerakan harga saham positif. Saat Anda mengalami hal ini, sebaiknya pilih saham defensif atau saham dengan fundamental bagus. Selain itu, membatasi portofolio hingga 5-8 emiten.

Emiten dalam jumlah sedikit akan membantu investor fokus mengurus portofolio yang ada. Bahkan ada baiknya jika investor menyiapkan kas untuk membeli saham.

Jangan membelanjakan semua anggaran karena saham bisa mengalami harga naik turun setiap saat. Itulah mengapa investor perlu tahu apa sebenarnya arti bearish dalam saham dan cara untuk menyikapinya.