Home ยป Aplikasi
Aplikasi

Aplikasi Spotify Stations Diberhentikan Sebelum Peluncuran Resminya

Aplikasi Spotify Stations kabarnya akan resmi diberhentikan pada pertengahan bulan Mei ini. Spotify mengumumkan hal ini langsung melalui email kepada para pelanggannya.

Bahwa salah satu layanannya yakni Spotify Stations akan tutup pada 16 Mei 2022. Baik dalam versi website ataupun aplikasi.

Ini sesuai dengan kutipan laporan dari TechCrunch pada Minggu 8 Mei 2022.

Kabar Penutupan Aplikasi Spotify Stations

Sejak perilisannya pada tahun 2018 di Australia, Spotify Stations masih berada pada tahap beta hingga saat ini. Platform streaming musik asal Swedia tersebut secara rutin melakukan pengujian terhadap berbagai fitur serta layanan.

Meskipun demikian, tidak semua fitur dan layanan tersebut akan keluar menjadi produk. Aplikasi Spotify Stations awalnya merupakan sebuah layanan yang menawarkan pengalaman seperti mendengarkan radio.

Melalui layanan ini pengguna tidak perlu lagi mencari lagu atau menyusun daftar putar sendiri. Para pengguna dapat melihat daftar stasiun radio yang secara otomatis akan memutarkan lagu.

Aplikasi ini pertama kali rilis di Australia pada tahun 2018 yang selanjutnya rilis di Amerika Serikat pada tahun berikutnya yakni 2019 untuk pengguna Android dan iOS.

Namun, layanan streaming musik Spotify telah memberikan konfirmasi resmi bahwa aplikasi Spotify Stations yang cukup ringan tidak akan lagi tersedia mulai tanggal 16 Mei mendatang.

Alasan Penutupan Spotify Stations

Seperti yang telah terungkap sebelumnya bahwa Spotify secara teratur melakukan sejumlah eksperimens dalam hal menciptakan pengalaman mendengarkan yang lebih baik bagi penggunanya.

Melalui beberapa tes atau ujicoba tersebut akhirnya membuka jalan agar dapat memberikan pengalaman para penguna yang lebih luas. Namun terdapat beberapa tes hanya tertuju untuk pembelajaran penting.

Dalam hal ini, aplikasi Spotify Stations merupakan salah satu dari tes tersebut. Namun perusahaan akan menghapus layanan ini.

Meskipun demikian, para pengguna akan dapat dengan mudah mentransfer stasiun favorit serta menikmati pengalaman serupa langsung dari dalam aplikasi Spotify.

Dalam penghapusan layanan ini, Spotify tidak memberikan alasan secara lebih rinci. Namun tak perlu khawatir, para pengguna masih dapat memindahkan semua dari stasiun favorit mereka menuju aplikasi Spotify utama untuk dapat terus mendengarkannya.

Di sisi lain, perusahaan mengungkapkan meskipun tidak menganggap layanan timeout mudah, Spotify Radio tetap menawarkan pengalaman mendengarkan yang seperti stasiun.

Dengan demikian, pendengar dapat menggunakannya sebagai ganti dari Spotify Stations. Spotify Radio merupakan fitur aplikasi utama yang dapat membuat daftar putar yang berdasarkan lagu, album, artis yang pengguna pilih, atau daftar putar.

Hingga saat ini aplikasi Spotify Stations sudah tidak tersedia di layanan Apple App Store dan Google Play Store. Meskipun demikian, para pengguna yang telah lebih dulu menginstall aplikasi tersebut masih bisa menggunakan layanan ini.

Selanjutnya Spotify pada bulan April lalu baru saja mengumumkan perubahan nama dari Spotify Greenroom menjadi Spotify Live.