Aplikasi

Aplikasi SiManis, Warga Bisa Pantau Kemacetan di Jalur Mudik Jabar

Berita Jabar ,- Dinas Perhubungan Provinsi Jabar meluncurkan aplikasi SiManis atau Sistem informasi jalan dan wisata untuk mudik lebaran 2022. Warga bisa memantau kemacetan di jalur mudik Jabar hingga lokasi destinasi wisata.

Aplikasi SiManis ini menyajikan berbagai informasi seputar mudik 2022. Mulai dari jalur mudik seluruh daerah Jabar, jalur alternatif, jadwal pesawat terbang, kereta api dan mengenai terminal. Termasuk informasi mengenai tujuan dan lokasi wisata.

Tak hanya itu, pemudik yang masuk Bandung Raya dapat memantau kemacetan melalui live streaming via aplikasi SiManis. Tinggal pilih menu Pantau CCTV, maka bisa masuk akses ke 62 kamera pengawas. Sehingga pemudik dapat mengetahui harus lewat jalan mana saat mudik.

Aplikasi ini terwujud berkat kolaborasi Dishub Jabar, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan Jabar Digital Service Diskominfo Jabar. Aplikasi ini bisa menjadi panduan bagi pemudik yang masuk jalur mudik Jabar. Warga dapat mengakses aplikasi tersebut melalui website Dishub Jabar.

“Warga bisa manfaatkan aplikasi SiManis untuk mengetahui kondisi jalur mudik. Sehingga dapat merencanakan waktu berangkat dan menentukan jalurnya,” ujar Kadishub Jabar A Koswara, Selasa .

Koswara menjelaskan 14,9 juta pemudik kemungkinan masuk wilayah Jabar. Saat ini baru 9,2 juta yang ke luar Jabar. Sehingga ada penambahan 5,6 juta warga yang masuk Jabar. Warga yang mudik lebih banyak yang pakai kendaraan pribadi.

Adapun prediksi pengguna mobil mencapai 28,6 persen dan motor 21,5 persen. Sedangkan sisanya memakai angkutan umum, seperti bus 17,38 persen, kereta api 9,7 persen dan pesawat 8,13 persen.

Koswara menyebut, total petugas Dishub Jabar dan daerah yang bertugas untuk mudik lebaran 2022 sebanyak 4.328 orang. Petugas akan bersiaga pada 226 titik posko mudik.

Baca Juga:  Pegawai SPBU Bisa Jadi Bulan-bulanan Bila Beli Pertalite Pakai Aplikasi Diberlakukan