Home ยป Aplikasi
Aplikasi

Aplikasi Merdeka Mengajar Meluncur, Simak Fitur dan Cara Akses!

Aplikasi Merdeka Mengajar resmi diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kemendikbudristek RI meluncurkan aplikasi tersebut sebagai media bagi para guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Aplikasi ini dapat menjadi sarana digital yang Kemendikbudristek RI sediakan untuk membantu para guru dalam meningkatkan kualitas kompetensi dan pembelajaran.

Bersama dengan Kurikulum Merdeka, platform ini masuk ke dalam bagian program Merdeka Belajar Episode 15. Seperti yang kita tahu program Merdeka Belajar Episode 15 resmi meluncur pada awal Februari 2022 lalu.

Mengenal Keunggulan Aplikasi Merdeka Belajar

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini telah banyak tersedia fasilitas belajar mengajar dengan basis teknologi dan informasi dalam bentuk aplikasi. Salah satunya adalah Merdeka Mengajar dari Kemendikbud.

Melalui aplikasi Merdeka Belajar, seorang guru dapat mengajar para muridnya sesuai dengan kemampuan mereka secara sederhana dan mudah.

Selain itu, dengan aplikasi ini juga memiliki berbagai bentuk pelatihan yang dapat Anda gunakan dalam rangka meningkatkan kompetensi.

Fitur dan Cara Akses

Arah perubahan kurikulum yang termuat dalam Merdeka Belajar Episode yang ke 15 adalah Kurikulum Merdeka serta Platform Merdeka Mengajar. Kemudian ini merupakan struktur dari Kurikulum Merdeka yang fleksibel serta fokus materi yang lebih esensial.

Selain itu, platform juga memberikan keleluasan bagi guru dalam menggunakan berbagai perangkat ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.

Di dalam aplikasi Merdeka Mengajar terdapat sejumlah fitur menarik yang dapat guru manfaatkan agar bisa mengajar secara lebih baik antara lain:

1. Pelatihan Mandiri

Salah satu fitur yang memuat beragam materi pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai pendidik. Materi hadir lebih singkat untuk memudahkan para guru dalam melakukan pelatihan mandiri.

Baca Juga:  Aplikasi Latihan Soal Gratis Hadapi PAT Lebih Mudah, Ini Daftarnya!

2. Produk Asesmen Murid

Di dalam fitur ini menyediakan kumpulan paket soal yang bisa guru bagikan secara daring atau luring ke murid-murid di kelas.

Selanjutnya guru juga bisa memperoleh hasil analisis asesmen di dalam aplikasi Merdeka Mengajar, yang akan mempermudah perencanaan pengajaran yang sesuai kebutuhan murid.

3. Video Inspirasi

Di dalam video inspirasi berisi kumpulan video inspirasi praktik ajar serta pengembangan diri, yang dibuat oleh tim Kemendikbudristek dan para ahli.

Beragam video tersebut telah melalui proses kurasi dan bisa guru manfaatkan sebagai referensi meningkatkan kompetensi, baik pada aspek personal maupun aspek sosial dalam kegiatan proses belajar mengajar.

4. Bukti Karya Saya

Salah satu fitur yang tersimpan di dalam aplikasi Merdeka Mengajar yang menjadi wadah untuk mendokumentasikan karya-karya yang menggambarkan kompetensi, kinerja, serta prestasi yang mereka capai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah.

5. Produk Perangkat Ajar

Ini adalah salah satu fitur yang menyediakan inspirasi serta referensi materi mengajar yang berkualitas berupa bahan ajar, modul ajar, modul proyek, serta buku teks.

Selanjutnya untuk bisa akses aplikasi Merdeka Mengajar, dapat pengguna lakukan melalui akun Belajar.id, dengan menggunakan perangkat Android maupun website.

Sementara itu, aplikasi bisa Anda unduh pada layananan Play Store atau website guru.kemdikbud.go.id.