Home » Info » Alasan Asuransi Mobil Penting Dimiliki dan Tips Memilih Layanan yang Terbaik
Info

Alasan Asuransi Mobil Penting Dimiliki dan Tips Memilih Layanan yang Terbaik

Memilih layanan asuransi mobil tidak boleh dilakukan secara sembarangan

REPUBLIKA.CO.ID, Dibandingkan dengan asuransi kesehatan atau asuransi jiwa, asuransi mobil memang bukan produk yang mutlak harus dimiliki semua orang. Meski begitu, produk asuransi ini tetap harus dijadikan prioritas jika Anda memiliki kendaraan. Khususnya jika sering mengendarainya setiap hari untuk berbagai aktivitas.

Sebab, ada banyak manfaat perlindungan penting yang bisa diberikan produk keuangan tersebut kepada para nasabahnya. Karena alasan itu pula memilih layanan asuransi mobil tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan memerlukan banyak pertimbangan. Nah, agar tak salah pilih, simak alasan pentingnya memiliki asuransi mobil dan tips memilih layanan yang terbaik berikut ini.

Kenapa memiliki asuransi mobil itu penting?

Alasan utama kenapa asuransi mobil penting untuk didapatkan adalah agar memberikan rasa aman dan nyaman ketika berkendara. Sebab, selama berlalu lintas, risiko kecelakaan, bahkan kehilangan mobil bisa terjadi kapan saja. Biaya yang harus ditanggung tentu dapat langsung mengguncangkan kondisi keuangan.

Asuransi mobil juga untuk memberi perlindungan terhadap beragam risiko tersebut agar kerugiannya bisa dialihkan ke pihak perusahaan asuransi. Tidak hanya kerugian materiil, tapi juga tanggung jawab terhadap hukum, serta kesehatan.

Tergantung dari kebutuhan dan kondisi keuangan, terdapat 2 jenis asuransi mobil yang umumnya dipilih, yaitu jenis asuransi mobil comprehensive dan TLO. Untuk jenis yang pertama, produk asuransi memberikan perlindungan terhadap segala jenis kerusakan yang terjadi pada mobil, baik itu kerusakan kecil ataupun kerusakan besar, serta risiko kehilangan.

Sementara asuransi mobil TLO hanya memberikan perlindungan terhadap risiko kerusakan dengan biaya perbaikan di atas 75 persen harga jualnya. Tentunya, dengan menyediakan cakupan perlindungan yang lebih luas, asuransi mobil jenis comprehensive memiliki biaya premi asuransi yang relatif lebih mahal ketimbang jenis TLO.

Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Sariawan saat Puasa, Paling Ampuh!

Tips memilih asuransi mobil terbaik

Meski bukan produk asuransi yang wajib dimiliki, kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki asuransi mobil terbilang cukup tinggi dan terus berkembang. Hal ini dibuktikan pula dengan banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan produk tersebut dengan beragam kelebihan dan keuntungan tersendiri. Oleh karena itu, agar mampu mengambil pilihan asuransi mobil terbaik sesuai kebutuhan, simak dulu tips-tips berikut ini.

1. Perhatikan layanan dan fasilitas yang diberikan

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, banyak orang saat ini mendambakan segala sesuatu bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Hal serupa juga berlaku pada saat Anda memilih asuransi mobil. Pastikan perusahaan yang bersangkutan sudah menggunakan sistem yang terpadu dan memudahkan nasabahnya, misalnya, terkait urusan pengajuan asuransi, pembayaran premi, hingga proses pengajuan klaim perlindungan.

Penting untuk memilih asuransi mobil yang siap memberikan pelayanan 24 jam non stop dan bisa dihubungi secara online melalui situs, aplikasi, maupun layanan berbasis telepon. Dengan begitu, Anda tidak akan kerepotan saat tertimpa masalah yang dilindungi asuransi hingga harus melalui beragam prosedur yang rumit dan memakan waktu.

2. Pastikan cakupan perlindungannya luas

Salah satu hal yang wajib diperhatikan saat memilih asuransi mobil adalah memastikan cakupan perlindungan yang diberikan luas dan lengkap. Hal ini termasuk pula pada jaringan bengkel mitra yang luas dan mudah dijangkau. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan melakukan perbaikan mobil saat dibutuhkan sesuai dengan ketentuan pada polis asuransi.

Sebagai contoh, Anda tengah bepergian ke luar kota dan mengalami kecelakaan mobil. Karena jaringan bengkel mitra dari asuransi mobil luas, Anda tidak kesulitan mencarinya di kota tersebut. Jadi, klaim perlindungan asuransi mobil pun dapat lebih mudah diajukan.

Baca Juga:  10 Cara Alami Hilangkan Jerawat

Tidak hanya itu, pastikan pula kualitas layanan dari bengkel mitra terjamin. Tujuannya agar proses perbaikan yang dilakukan pada mobil mampu memberikan hasil yang maksimal dan tak banyak memangkas usia mobil.

3. Pilih yang sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan

Setiap orang tentu memiliki penilaian sendiri terkait perlindungan apa saja yang dibutuhkan dari asuransi mobil. Oleh karena itu, Anda perlu mencari tahu sendiri jenis manfaat seperti apa yang diperlukan, apakah harus mengajukan asuransi mobil jenis comprehensive, atau cukup dengan TLO saja.

Misalnya, jika rutin mengendarai mobil di kota besar dengan kondisi lalu lintas yang sibuk dan padat, mengajukan asuransi jenis comprehensive mungkin lebih baik karena risiko penyok atau tergores terbilang cukup tinggi. Di sisi lain, jika tinggal di pinggir kota, tapi dengan tingkat kriminalitas tinggi, asuransi jenis TLO bisa dibilang lebih ideal untuk dipilih.

Pertimbangan seperti ini penting untuk dilakukan karena berkaitan dengan besaran premi yang nantinya harus dibayarkan agar tak sampai membebani keuangan. Untuk itu, pastikan memilih asuransi yang mempunyai banyak pilihan perlindungan dan variasi premi agar lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan.

Tidak hanya keuangan, asuransi mobil juga melindungi nyawa pengendara

Itulah alasan pentingnya mendapatkan asuransi mobil dan tips memilih layanan yang terbaik. Perlu dipahami jika manfaat perlindungan dari produk asuransi ini mencakup ganti rugi biaya perbaikan mobil, hingga biaya pengobatan akibat kecelakaan. Jadi, tidak hanya menanggung kerugian secara finansial, asuransi mobil juga melindungi nyawa pengendara sehingga manfaatnya tidak boleh dipandang sebelah mata.

Baca Selengkapnya