Home ยป Info
Info

6 Tips Ibu Menyusui yang Jalani Puasa, Jangan Sampai Dehidrasi Ya

MENJELANG puasa pertama besok, memang banyak orang telah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari untuk melakukan ibadah puasa. Salah satunya adalah para ibu menyusui.

Pasalnya, mereka juga harus mempertimbangkan asupan yang dimakan agar sang buah hati tetap mendapatkan gizi dan nutrisi yang mencukupi. Jadi, para ibu menyusui yang ingin berpuasa pun harus memperhatikan beberapa hal salah satunya kecukupan cairan tubuh dan nutrisi yang baik saat sahur dan buka puasa.

Tentu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lainnya jika memutuskan untuk berpuasa, misal gejala dehidrasi. Kalau sudah muncul gejala tersebut, ada baiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Di sisi lain, Dokter Umum Konselor Laktasi RS Pondok Indah – Pondok Indah dr Nabila Rahmania, IBCLC, punya tips yang bisa dilakukan para ibu menyusui agar produksi ASI tetap melimpah sekalipun berpuasa. Apa saja?

Ibu Menyusui

Minum yang cukup

Pastikan ibu memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air yang cukup sekurangnya 2 liter. Penuhilah kebutuhan cairan harian dengan minum sedikit tapi sering antara buka puasa dan sahur.

“Hindari minum terlalu banyak sekaligus sebelum puasa dimulai. Hal ini justru akan membuat ibu sering buang air kecil dan haus jadi lebih cepat,” kata dr Nabila dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal.

Pilih makanan bergizi saat sahur

Saat sahur, dr Nabila menyarankan untuk pilih makanan dengan gizi seimbang yang mencakupi protein dan karbohidrat kompleks agar ibu menyusui mendapat energi cukup untuk menjalankan puasa selama seharian penuh.

Segera berbuka

Saat waktu berbuka tiba, ibu sebaiknya lekas membatalkan puasa dengan mengonsumsi makanan alami berenergi tinggi untuk memulihkan energi dengan cepat, misalnya dengan mengonsumsi kurma. “Ibu juga dapat membuat smoothies kurma dengan susu sebagai variasinya,” saran dr Nabila.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Kamera iPhone Rusak Beserta Cara Mengatasinya, Lakukan Ini!

Hands-on breastfeeding

Let down reflex dapat melambat saat berpuasa. Ibu dapat menanganinya dengan menyusui sambil memijat halus dari pangkal payudara ke ujung untuk membantu aliran ASI lebih deras, sehingga anak dapat puas lebih cepat.















Baca Selengkapnya