Home ยป Info
Info

6 Cara Mengatasi Ulu Hati Nyeri saat Puasa, Kuncinya di Makan Sahur dan Berbuka

6 CARA mengatasi ulu hati nyeri saat puasa dalam artikel ini bisa Anda coba. Tidak makan dan minum untuk waktu yang cukup lama dapat membuat asam lambung meningkat tanpa disadari, begitu pula dengan nyeri ulu hati. Rasa haus, sakit kepala, dan berbagai masalah lain.

Nah, agar ulu hati dan masalah lain tidak timbul saat berpuasa, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan saat waktu berbuka puasa dan sahur, sebagaimana dilansir dari laman Khaleej Times pada Selasa .

1. Minumlah segelas air adas-jahe sebelum dan sesudah makan

Ini akan membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah pembentukan gas. Adas, yang tinggi serat, dan jahe, dengan sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang tinggi, adalah cara yang bagus untuk mencegah masalah pencernaan seperti kembung, gas, dan keasaman.

2. Kunyah permen karet bebas gula

Setelah makan, Anda dapat mengunyah permen karet bebas gula serta rasa non peppermint untuk membantu merangsang produksi air liur dan meningkatkan pencernaan lebih cepat, dengan meningkatkan pergerakan makanan dari lambung, ke usus kecil dengan cepat.

3. Makan seperti burung

Burung makan dengan porsi kecil dan interval kecil. Ini akan menghentikan Anda dari makan berlebihan dan juga mencegah refluks asam. Makan berlebihan dapat menyebabkan peradangan dan jaringan parut di kerongkongan.

4. Makan perlahan dan ambil gigitan kecil

Penting untuk memberi cukup waktu pada perut, memberi sinyal ke otak, dan menyadari kapan Anda kenyang. Menelan potongan besar makanan dapat meningkatkan produksi asam di perut, yang menyebabkan keasaman parah.

Mengunyah makanan Anda dengan baik juga dapat mencegah pembentukan gas. Jadi, pastikan Anda mengambil setidaknya 20 menit untuk menyelesaikan makanan Anda.

Baca Juga:  Carla Yules Bocorkan Tips Menang di Miss Indonesia, Calon Finalis Wajib Baca!














Baca Selengkapnya